SHOPPING CART

close
Selamat Datang di Website Resmi Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya

RAPAT TIMPORA KABUPATEN KAPUAS : MARI TINGKATKAN SINERGITAS DALAM PENGAWASAN ORANG ASING

Palangka Raya – Imigrasi Palangka Raya mengadakan rapat Timpora di Kabupaten Kapuas dengan mengusung tema “Mari Tingkatkan Sinergitas Dalam Pengawasan Orang Asing pada hari rabu (9/6) yang dihadiri oleh Anggota Timpora yang terdiri dari unsur Pemerintah Daerah Kabupeten Pulang Pisau, Kepolisian, TNI, Kejaksaan, Kementerian Agama Pulang Pisau, Badan Intelejen Daerah, Satgas Bais TNI Kapuas, Badan Kesbangpol serta anggota baru yaitu Pos TNI AL.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya, Ujang Cahya membuka acara dengan kata sambutannya kepada anggota timpora mengatakan, koordinasi antar instansi terkait dalam rangka menyamakan persepsi dalam hal pengawasan orang asing di daerah.

“Pengawasan orang asing selain menjadi tugas dan fungsi Imigrasi menjadi tanggung jawab kita bersama. Apalagi Kabupaten Kapuas sedang giat-giatnya membangun pariwisata budaya dan juga menjadi food estate merupakan magnet investor asing dan wisatawan asing”, ” Jelasnya dalam sambutan.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi rapat Timpora oleh Kepala Seksi Inteldakim, Muchlis Amri. Ia menyampaikan bahwa keberadaan orang atau Warga Negara Asing yang melakukan beragam kegiatan di wilayah hukum Indonesia perlu mendapat perhatian semua pihak khususnya di Kabupaten Kapuas yang menjadi magnet bagi investor untuk berinvestasi.
“Di satu sisi, kehadiran orang maupun investasi asing, memang sangat dibutuhkan sepanjang membawa manfaat bagi pembangunan dan pengembangan daerah. namun dampak negatifnya juga harus diwaspadai. Untuk itu, Timpora adalah sarana bertukar informasi terkait aktivitas orang asing yang meliputi perlintasan, keberadaan, dan kegiatan yang dilakukan di Kabupaten Kapuas.” jelasnya.

Muchlis menambahkan dalam pengawasan orang asing tersebut harus dipahami bahwa pengawasan orang asing merupakan tanggungjawab bersama, dan tanggungjawab semua unsur, tidak hanya tertuju kepada imigrasi semata.

Ia kemudian menjelaskan terkait dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 26 Tahun 2020 tentang Visa dan Izin Tinggal Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru dimana Permenkumham tersebut merupakan kebijakan strategis dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional dalam masa adaptasi kebiasaan baru. Selanjutnya dijelaskan juga beberapa strategi yang dapat dilakukan dalam rangka penguatan pengawasan Orang Asing yaitu Pemanfaatan Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) Versi 2(dua) sehingga siapapun dapat melaporkan keberadaan orang asing dengan mudah.

Kegiatan dilanjutkan dengan rapat Timpora dimana dibahas terkait isu aktual dan permasalahan terkait orang asing di wilayah Kapuas khususnya kabupaten Kapuas. Acara dilanjutkan dengan diskusi dan berbagi informasi dari para anggota rapat. Kegiatan ini berjalan tertib dan lancar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Tags:

0 thoughts on “RAPAT TIMPORA KABUPATEN KAPUAS : MARI TINGKATKAN SINERGITAS DALAM PENGAWASAN ORANG ASING

Tinggalkan Balasan

Pos-pos Terbaru

Kirim Pesan
Perlu Bantuan?
Halo, ada yang bisa dibantu?