SHOPPING CART

close
Selamat Datang di Website Resmi Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya

IMIGRASI PALANGKA RAYA MENGADAKAN SOSIALISASI APOA VERSI 2.1

Palangka Raya – Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya melaksanakan kegiatan sosialisasi Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) Versi 2.1. bertempat di Hotel Neo Palma, Palangka Raya (10/6).

Sosialisasi ini dihadiri oleh 22 peserta yang terdiri dari perwakilan perhimpunan Hotel, guest house, perusahaan pengguna jasa tenaga kerja asing (TKA), Universitas, serta yayasan pengguna tenaga kerja asing (TKA) yang ada di Palangka Raya maupun luar daerah.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya, Ujang Cahya. Dalam sambutannya, ia menyampaikan tentang kemudahan Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) Versi 2.1 dari pada APOA versi 1 sebelumnya.

“APOA Versi 2.1 Memudahkan siapa saja, khususnya Hotel atau penginapan, perusahaan pengguna TKA maupun perorangan untuk melaporkan orang asing kepada Kantor Imigrasi Palangka Raya”.

Selanjutnya pemaparan materi sosialisasi APOA Versi 2.1 disampaikan oleh Kepala Sub Seksi Intelejen Keimigrasian, M. Syukran. Menurutnya, selama ini hanya beberapa hotel saja yang melaporkan keberadaan orang asing yang menginap dan tata cara pelaporannya secara manual atau melalui whatsapp sebulan sekali sehingga sulit memantau pergerakan orang asing tersebut.

“Adapun APOA Versi 2.1 ini sudah berbasis QR Code sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikan aplikasi tersebut. Bapak/ibu Tidak usah khawatir jika ada kesulitan mengakses silahkan laporkan”.

Jika pihak hotel atau perusahaan tidak koperatif melaporkan, kata syukran, ada sanksi yang menunggu berupa pidana sesuai pasal 117 UU No.6 Tahun 2011, tentang keimigrasian dengan ancaman hukuman 3 bulan kurungan atau denda paling banyak 2,5 juta rupiah.

Acara kemudian diisi dengan diskusi tanya jawab oleh peserta kepada pemateri berkaitan dengan pelaporan orang asing. Kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak fisik.

Tags:

0 thoughts on “IMIGRASI PALANGKA RAYA MENGADAKAN SOSIALISASI APOA VERSI 2.1

Tinggalkan Balasan

Pos-pos Terbaru

Kirim Pesan
Perlu Bantuan?
Halo, ada yang bisa dibantu?