SHOPPING CART

close
Selamat Datang di Website Resmi Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya

SURVEY INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TRIWULAN IV 2020

Dalam upaya memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat, diperlukan Reformasi Pelayanan Publik, untuk mewujudkan itu diperlukan penilaian mandiri (self assesment) yang sesuai dengan Permenpan nomor 1 Tahun 2012 tentang Pedoman Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi, dimana salah satu sasaran dari keberhasilan reformasi birokrasi adalah terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.

Terwujudnya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik kepada Masyarakat (20%), diukur melalui nilai persepsi kualitas pelayanan (survei eksternal). Salah satu hasil yang ingin dicapai dari pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) adalah penyelenggaraan pelayanan publik yang berkualitas.

Oleh karena itu, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya  melakukan survey terkait Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan Indeks Persepsi Korupsi (IPK) dimana syarat menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yaitu untuk memenuhi komponen indikator hasil dengan melibatkan Balitbang Hukum dan HAM sebagai fasilitator aplikasi survey mandiri secara elektronik. Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya melakukan penyebaran kuesioner melalui tatap muka dan secara langsung kepada pemohon paspor yang telah selesai melakukan perekaman data, mengambil paspor, dan pemohon layanan asing  dengan memberikan link/QRcode kepada masyarakat penerima layanan Keimigrasian untuk kemudian mengisi secara mandiri di gawai nya masing-masing.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan secara elektronik dengan memberikan link survey yang dikelola oleh Balitbang Hukum dan HAM kepada penerima layanan Keimigrasian dengan sampel sebanyak 41 responden didapat hasil sebagai berikut:

  1. Secara umum kualitas pelayanan publik sudah berjalan baik dengan nilai Kepuasan Masyarakat berada di huruf “A” yaitu sangat baik.
  2. Dalam penilaian IKM, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya sudah berada di nilai yang Sangat Baik, dan berada di poin 19,50 dalam skala 20.
  3. Dalam penilaian IPK, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya sudah berada di nilai yang Sangat Baik, dan berada di poin 14,50 dalam skala 15.
Tags:

0 thoughts on “SURVEY INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TRIWULAN IV 2020

Tinggalkan Balasan

Pos-pos Terbaru

Kirim Pesan
Perlu Bantuan?
Halo, ada yang bisa dibantu?